Bagikan :
Email
Line
Pinterest

PT. Swakarya Insan Mandiri, recruitment, outsourcing, tes psikologi, frontliner, head hunter, outsource, hrm, sourcing, alih daya, training centre, on the job training, outsourcing service, perusahaan outsourcing, tenaga kerja outsourcing, perusahaan outsourcing di jakarta

Tips Meraih Prestasi Bagi Karyawan Baru


Mendapat karier cemerlang dan prestasi merupakan mimpi setiap karyawan yang baru memasuki dunia kerja. Apalagi dia bekerja di perusahaan yang memang sudah lama diimpikan. Masalahnya, tidak semua orang tahu jalan yang baik dan benar untuk mencapai puncak kariernya. Karena itu kami berikan tips untuk para karyawan baru agar bisa berprestasi di tempat kerjanya.

 

1. Produktif dan Efektif

 

Mari bedakan antara sibuk dengan produktif.  Sibuk belum tentu produktif karena bisa saja mereka yang sibuk justru bekerja dengan tidak maksimal. Hasil pekerjaannya malah minim. Tapi bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sama dengan mereka yang sibuk, itu jelas produktif.

 

Selain produktif, untuk bisa menjadi karyawan berprestasi harus bisa bekerja secara efektif. Pintar mengelola waktu kerja dengan baik dengan output-nya tetap maksimal. Jika orang lain mengerjakan 10 tugas dalam 8 jam, kamu bisa menyelesaikannya dalam tempo 6 jam. Disitulah terlihat siapa yang lebih efektif dalam bekerja.

 

2. Jujur dan Amanah

Kunci dari sebuah kepercayaan atasan adalah kejujuran. Saat mengemban tugas yang berat dan tidak bisa melaksanakan dengan baik, kamu harus mau mengakui hal tersebut di depan atasan. Tunjukkan dan jelaskan bahwa tugas tersebut memang tidak bisa diselesaikan seorang diri dan butuh bantuan orang lain. 

 

Begitu pula ketika kamu mendapat penugasan, berusahalah untuk menyelesaikannya dengan baik sesuai batas waktu yang diberikan. Jangan sampai tugas tersebut belum selesai pada waktunya dan kamu tidak memberikan kabar kepada atasan. Lebih baik terbuka dengan kondisi pekerjaan, daripada menyimpan kesalahan yang justru akan menurunkan konduite kamu.

 

3. Loyal

Loyalitas atau kesetiaan tidak semata-mata hanya bertahan di perusahaan tersebut dalam waktu yang lama. Lebih luas lagi, loyalitas adalah sebuah usaha dari karyawan untuk selalu memberikan hasil yang terbaik. Loyalitas juga merupakan upaya karyawan untuk menjaga nama baik perusahaan.

 

Di era millenium kedua ini, loyalitas seolah menjadi barang langka. Karyawan bisa cepat berganti perusahaan tempat bekerja. Jika kamu merasa sudah sreg dengan tempat kerjamu, berusahalah untuk selalu loyal. Kesempatan untuk mendapatkan karier yang lebih baik selalu tetap terbuka bagi mereka yang loyal dengan perusahaan.

 

4. Kreativitas Tanpa Batas

Sebagai karyawan baru, sebaiknya tidak menerima penugasan begitu saja. Pikirkan hal lain yang bisa menjadi jalan terbaik dalam mempermudah pekerjaanmu. Diskusikan hal tersebut dengan atasan. Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang kreatif dan punya misi membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

 

Boleh jadi ada yang tidak setuju dengan cara berpikir kreatifmu. Tapi selama tujuannya adalah demi kebaikan perusahaan, why not? Orang yang kreatif lebih disukai dibanding yang hanya “Yes Boss” saja.

 

5. Tunjukkan Kompetensimu

 Kompetensi adalah bukti nyata kemampuanmu bekerja di perusahaan. Menunjukkan bahwa kamu memang orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Karena itu selalu tingkatkan kompetensimu, sehingga pihak perusahaan pun akan memberi respons positif atas setiap hasil kerjamu.

 

Kompetensi tidak semata dinilai dari kemampuan atau keahlian semata. Tapi juga dilihat dari sisi semangat bekerja, teliti, dan proaktif terhadap pekerjaan yang diemban. Semuanya menjadi satu kesatuan yang bisa membawa kamu meraih prestasi di tempat kerja.

 

Sekarang kamu sudah punya gambaran bagaimana bisa meraih prestasi di tempat kerja. Lakukan tips-tips di atas dengan sebaik mungkin, maka prestasi dan karier yang baik sudah menantimu.

 

Baca Juga:

Passion Match Your Job 

Tips Menjadi Orang yang Positif